Prinsip Ergonomi Dalam Dunia Perkantoran

Prinsip Ergonomi Dalam Dunia Perkantoran

oscarliving.com

oscarliving.com

Ergonomi berasal dari dua kata yaitu ergos yang berarti kerja dan nomos yang berarti aturan. Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan suatu sistem kerja. Dalam bekerja, manusia pasti akan berinteraksi dengan lingkungan kerjanya. Bidang ergonomi sendiri adalah bidang yang melibatkan banyak disiplin ilmu seperti biomekanika, antropometri, antropologi, anatomi, komunikasi, dan masih banyak yang lainnya.

Menurut International Ergonomics Association, ergonomi dapat diartikan sebagai studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen, komunikasi, dan desain/perancangan untuk mendapatkan suasana kerja yang sesuai dengan manusianya (Nurmianto, 2003). Sementara menurut OSHA (Occupational Safety and Health Act), ergonomi adalah sebuah praktek dalam rangka mendesain peralatan dan rincian pekerjaan sesuai dengan kapabilitas pekerja dengan tujuan untuk mencegah cedera pada pekerja (OSHA, 2000). Secara umum, penerapan dari ilmu ergonomi meliputi perancangan bangun (design) dan rancang ulang (re-design) dimana termasuk di dalamnya adalah perancangan dan perancangan ulang untuk berbagai perangkat keras seperti perkakas kerja (tools), bangku kerja (benches), kursi, pegangan alat kerja (workholders), pintu (doors), jendela (windows) dan lain sebagainya.

Dalam aplikasi prinsip ergonomi ditinjau dalam hal komunikasi pada dunia perkantoran, yang perlu diperhatikan bukan saja interaksi antar individu namun juga interaksi antara seseorang dengan peralatan kerja yang digunakan. Sebagai contoh, setiap kali ada sebuah mesin baru yang akan dipergunakan di sebuah kantor, maka setiap pegawai yang akan berinteraksi langsung dengan mesin tersebut sebaiknya diberikan pengarahan. Hal serupa juga berlaku jika, misalnya saja, ada pegawai baru. Memperkenalkan lingkungan sekitar, rekan kerja baik atasan maupun bawahan, peraturan-peraturan yang berlaku di kantor, serta peralatan-peralatan yang digunakan sebaiknya diperkenalkan terlebih dahulu. Sementara bidang ilmu psikologi pada prinsip ergonomi memberikan gambaran tentang tingkah laku manusia, serta berbagai proses kognitif seperti pengambilan sikap, perumusan masalah, penyelesaian masalah dan lain sebagainya. Ilmu anatomi memberikan gambaran tentang bentuk tubuh manusia serta kemampuan atau daya tahan tubuh manusia guna mengetahui batas-batas daya tahan manusia dan mengaplikasikannya di dalam dunia kerja.

Seluruh informasi yang didapat berdasarkan disiplin-disiplin ilmu yang terlibat kemudian menjadi fondasi dalam merancang suatu sistem kerja beserta hal-hal yang menyertainya. Dalam dunia perkantoran, hal-hal tersebut meliputi furniture-furniture kantor, peralatan-peralatan elektronik, pencahayaan, penataan interior, pintu dan jendela, tangga, lorong-lorong dan lain sebagainya. Menyadari pentingnya furniture-furniture yang memenuhi prinsip ergonomis dalam dunia perkantoran, kini Oscar Living telah hadir untuk anda.

Oscar Living adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan furniture-furniture kantor. Dengan bertahun-tahun pengalaman di bidangnya dan pemahaman atas prinsip ergonomi, anda dapat mengandalkan kami untuk menyediakan furniture-furniture terbaik. Kunjungi website www.oscarliving.com untuk melihat langsung produk-produk yang kami tawarkan. Pemesanan dapat dilakukan dengan mengikuti panduan ‘How To Order’ yang telah dicantumkan pada website atau menghubungi customer service kami di nomor 087780761129 dan 0221-8514909. Temukan juga kami di media sosial dengan fanpage https://www.facebook.com/oscar.living.1 dan akun twitter @oscarLCF.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>