Bencana Banjir | Tips Benahi Rumah Sesudah Banjir (Part 2)

Bencana Banjir | Tips Benahi Rumah Sesudah Banjir (Part 2)

bersih-banjir-140131-cBanjir 2014 | Sudahkah Anda membaca artikel kami sebelumnya mengenai Tips Benahi Rumah Sesudah Banjir ?? Jika belum, nampaknya anda perlu membacanya dahulu lalu lanjut pada artikel kami yang satu ini.

Pada artikel sebelumnya kami telah berbagi beberapa tips sederhana bagi Anda yang tertimpa musibah banjir. Berikut ada tambahan selanjutnya yang kami peroleh dari salah satu sumber ternama di media internet.

Dikatakan di sana, bahwa Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama memberikan beberapa tips untuk membersihkan rumah pasca banjir. Tips-tips ini bisa menjadi referensi agar upaya pembersihan rumah dapat maksimal dan tak menyisakan potensi penyakit yang berbahaya bagi Anda sekeluarga. Berikut beberapa tips dari beliau:

1. Sedapat mungkin gunakan sepatu boot dan sarung tangan ketika membersihkan rumah, jangan hanya pakai sendal (seperti terlihat di TV) dan sedapat mungkin jangan lakukan dengan tangan telanjang. Ingat bahwa air banjir bisa saja kotor dan mengandung bakteri atau virus.

2. Sering-sering mencuci tangan dan kaki dengan air bersih dan sabun guna menghindari adanya kontaminasi kotoran air bekas banjir.

3. Bahan makanan yang terendam air banjir juga mungkin tidak sehat lagi untuk dikonsumsi. Tentu sebaiknya Anda hindari dan konsumsilah bahan makanan yang sehat dan masih fresh.

4. Jika area rumah Anda menggunakan sumur sebagai sumber air, maka bukan tidak mungkin air sumur tercemar oleh kotoran bekas banjir . Koordinasikan dengan petugas kesehatan lingkungan di Puskesmas / Dinas Kesehatan setempat untuk penjernihan sumur.

5. Pak Yoga juga dapat laporan bahwa ada pula obat-obat persediaan di rumah yang mungkin terendam banjir. Pastikan obat-obat itu tercemar atau tidak, kalau yang cair maka seringkali sudah tercemar. Kalau yang padat juga akan tergantung berapa lama terendamnya, apakah kemasannya baik. Komunikasikan dengan petugas kesehatan setempat, kalau memang tercemar (walaupun sedikit) maka JANGAN DIKONSUMSIS lagi.

6. Air yang digunakan untuk membersihkan lantai seyogyanya adalah air bersih. Sedapat mungkin jangan gunakan air banjir yang masih ada untuk membersihkan rumah di lantai dua.

7. Pakaian, kasur, busa kursi, karpet dan bahan kain lainnya yang terendam banjir harus dicuci dengan sabun dan dijemur sampai kering dan bersih betul sebelum digunakan. Namun jika memang ada di antara barang-barang tersebut mengalami kerusakan yang amat parah sehingga sudah tak layak pakai, maka sebaiknya Anda mengganti dengan yang baru. Terutama KASUR ! Kasur yang sudah amat rusak dan telah berhari-hari terendam banjir, maka sebaiknya gantilah dengan kasur baru. JANGAN BIARKAN BAKTERI TIDUR BERSAMA ANDA SEKELUARGA !!

Eitss, JANGAN KHAWATIR !! Kasur rusak Anda bisa ditukar dan dihargai dengan harga mulai dari Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,- lho !! Mau tahu bagaimana ketentuannya ?? Ikuti PROGRAM PEDULI KORBAN BANJIR 2014 – Oscarliving.com

promo airland

promo airland

 

Sumber : detik.comliputan6.com

Bencana Banjir | Tips Benahi Rumah Sesudah Banjir (Part 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>