Apa itu Sleep Paralysis ??

Apa itu Sleep Paralysis ??

sleep_paralysis_femPernah terbangun dari tidur, namun sulit bergerak ataupun berteriak ? Tenang, Anda tidak sedang diganggu makhluk halus. Berdasarkan ilmu medis, keadaan itu disebut sleep paralysis atau kelumpuhan tidur. Namun, masih banyak masyarakat awam yang menyebutnya dengan istilah “erep-erep”. Sebagian masyarakat selalu mengaitkan kondisi ini pada ulah makhluk halus yang seolah-olah menindih tubuh mereka. Proses terjadinya Sleep Paralysis sangat berhubungan erat dengan REM (Rapid Eye Movement) dan mimpi. Ketika Anda tidur, Anda akan melewati beberapa tahap hingga sampai ke alam mimpi yang secara garis besar di antaranya ada fase non REM dan REM. Saat Anda mulai tertidur, Anda memasuki fase non REM di mana belum tercipta mimpi dan umumnya berlangsung kurang lebih 80 menit. 10 menit berikutnya barulah Anda memasuki fase REM di mana mimpi mulai tercipta.

Transisi dari fase REM menuju fase non REM ini bisa terjadi hingga 6 kali dalam semalam. Nah, Sleep Paralysis muncul saat otak mengalami transisi antara mimpi dan sadar. Saat hal ini terjadi, otak Anda tidak mengakhiri mimpi  dengan sempurna sehingga tubuh terasa kaku. Maksudnya adalah saat Anda telah membuka mata namun masa mimpi Anda sebenarnya masih ada, di situlah Anda berada pada kondisi antara REM dan sadar.

Selama tidur, aktivitas dan otot-otot tubuh tidak bergerak, sehingga menyebabkan kelumpuhan sementara. Bahkan terkadang kelumpuhan terasa hingga orang tersebut terbangun. Umumnya, kelumpuhan tidur diikuti dengan halusinasi. Orang yang mengalami kelumpuhan tidur merasa seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak. Sebenarnya, efek ini hanya berlangsung selama beberapa detik hingga paling lama satu menit. Namun, Anda merasa seperti berlangsung sangat lama.

Secara fisiologis, penyebab Sleep Paralysis belum diketahui secara pasti. Sejauh ini, para psikologis memberi gambaran umum mengenai penyebabnya, yaitu seperti kebiasaan tidur menghadap ke atas, pola tidur tak tentu, stress, dan perubahan mendadak pada lingkungan atau lifestyle.

Sumber : Massindo Magazine

Apa itu Sleep Paralysis ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>